wartawan itu istimewa

  • pelatihan jurnalistik 3

pelatihan jurnalistik 3

Ypp Nurul Huda – Tak jarang pembuatan berita harus menggunakan sistem wawancara kepada pihak yang bersangkutan terlebih dahulu. Mantan koordinator lembaga berita RMC tahun lalu, Zulfatul Aizzah (17 th), mengajak dan merangkul beberapa staf redaksi yang sudah disiapkan untuk diberi wawasan mengenai jurnalistik Rabu lalu (19/4) pada pukul 09.00 di perpustakaan YPP Nurul Huda. Dengan tujuan meneruskan dan mempeluas pengetahuan dan pengalaman anggota lembaga berita dari generasi ke generasi berikutnya. Salah satu bagian dari jurnalistik adalah wawancara, dan saat itu juga Zulfa mengenalkan mengenai apa itu wawancara pada juniornya, bagaimana cara mewawancarai narasumber dengan baik dan sopan, apa yang harus dihindari saat melakukan wawancara, apa saja yang perlu disiapkan sebelum memulai wawancara, dan lain sebagainya.

Selain diberi wawasan mengenai wawancara, mereka dibimbing langsung mempraktekkan cara menjadi wartawan yang sopan dan nyantai. Tidak hanya itu, bahkan Zulfa juga menjanjikan pertemuan yang mendatang terkait materi baru dan pendalaman materi. “Mungkin hari ini cukup satu materi saja, yakni wawancara. Dan rencana kami, hari Minggu depan kami akan mengadakan pelatihan lebih lanjut mengenai berita. Karena ketika kita ingin membuat berita, kita harus menguatkan argumen kita dengan salah satunya adalah wawancara. Dan saya tidak akan memberikan materi saja, tapi kita akan langsung mempraktekkannya untuk bisa mengetahui mengenai pemahaman per individu.” Paparnya (20/4).

Pelatihan ini disambut riang oleh para staf redaksi yang terpilih menjadi wartawan penerus, sebagaimana yang diungkapkan salah seorang anggota staf redaksi devisi website, “Saya benar-benar senang sekali karena mendapat amanah untuk bisa menjadi wartawan. Karena wartawan bukanlah seseorang yang gemar mencari gossip dan mencampuri urusan orang lain, melainkan wartawan adalah seseorang yang akan merekam dengan detail segala bentuk kejadian yang ada.” Ungkap Inda Maulidia, salah seorang siswi kelas X-MIA.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *