Kemeriahan hari Kartini

  • wawancara kartinii

wawancara kartinii

SMAT YPP Nurul Huda Sabtu (22/4) SMA “Terpadu” YPP Nurul Huda mengadakan acara peringatan Hari Kartini, yang dilaksanakan di Gedung SMA lantai 3 pada pukul 07.00 sampai selesai. Acara ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI SMA. Tujuan diadakan acara ini adalah untuk memperingati dan juga mengenang jasa Raden Ajeng Kartini yang telah berjuang untuk mengangkat derajat wanita dari kalangan rakyat jelata agar sama dengan bangsawan lainnya, karena pada hakikatnya wanita memiliki hak yang sama dan tidak ada yang membedakan, baik itu dari rakyat jelata maupun dari bangsawan. Tujuan lainnya yang diungkapkan oleh Bu Nafisah, selaku guru BK adalah untuk menjadikan siswi-siswi SMAT NuHa sebagai kartini masa kini.

Untuk memeriahkan acara tersebut, OSIS SMAT NuHa mengadakan lomba ‘cak dan ning’ serta lomba pagelaran kreasi daerah dengan mengahadirkan tema mencintai dan melestarikan budaya lokal. Susunan acaranya adalah pawai kartini, kemudian ada pemilihan ‘cak dan ning’ guru yang dipilih langsung oleh kepala sekolah, Ustadzah Khodijah Navis. Yang juara 1 didapatkan oleh cak Ahfas Silmi (guru bahasa inggris) dengan ning Binti Lailatus Sa’diyah (guru bahasa Indonesia dan daerah). Lalu acara dilanjutkan dengan penampilan oleh tim samroh yang menampilkan 3 lagu istimewa, setelah itu dilanjutkan dengan pencak silat yang dibawakan oleh Siti Khotiba (16 th), dan selanjutnya adalah acara yang dinanti-nanti, yakni lomba ‘cak dan ning’. Lomba ini diikuti oleh perwakilan setiap kelas 2 pasangan dan setiap pasangan akan menampilkan bakat mereka masing-masing. Dan uniknya, setiap pasangan mempromosikan diri mereka menggunakan video yang diupload di instagram. Setelah melalui seleksi yang sangat ketat, para finalis hanya dipilih 4 pasangan saja, tetapi karena nilai pasangan lain yang melonjak melalui hasil voting like instagram, maka 3 pasangan dengan voting terbanyak ditambahkan untuk menjadi finalis juga. Ke-7 pasangan tersebut diuji dengan beberapa pertanyaan terkait sejarah Kartini. Alhasil, juara 1 diraih oleh pasangan dari kelas XI IPA (ning Layyina Humairoh dan cak Ainur Rikza) dan runner up diraih oleh pasangan dari kelas X IPS (ning Syamila dan cak Rahmat Hidayat). “ Saya senang sekali karena bisa menjadi juara 1 cak dan ning. Karena ada acara tersebut kekompakan kelas XI IPA diuji dan dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan kita. Alhamdulillah, usaha kita membuahkan hasil yang memuaskan. Sebenarnya, menang itu tidak wajib, tetapi berusaha itu wajib.” Ungkap Layyina, sebagai ning NuHa 2017.

Lomba selanjutnya adalah pagelaran kreasi daerah yang ditampilkan oleh setiap kelas. Dari kelas X IPA menampilkan drama dengan judul ‘Putri ksatria Jepara’, dari kelas X IPS juga menampilkan drama dengan judul ‘Sayembara pangeran Madura’, kelas XI IPA dan IPS menampilkan tarian melayu. Alhamdulillah, juara 1 pagelaran kreasi daerah diraih oleh kelas X IPA, sedangkan kelas XI IPS mendapatkan runner up. Acara berlangsung dengan sukses dan sangat meriah.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *