masak bersama, makanpun bersama

  • tataboga

tataboga

SMAT YPP Nurul Huda – Kamis, (20/4) kelas XII melaksanakan ujian tataboga di Gedung baru lantai 3. Ujian ini dimaksudkan untuk tasyakuran kelas XII yang telah melaksanakan USBN, UAMBN, dan UNBK sebagai wujud syukur dengan harapan semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Ujian ini dimulai dengan penyajian makanan oleh setiap kelompok, lalu dilanjut dengan penilaian guru mata pelajaran, makan bersama kelas XII, semua guru yang hadir, siswa kelas X, dan XI SMAT YPP Nurul Huda.

Dalam ujian ini terdapat 6 kelompok, gabungan dari kelas XII IPA dan XII IPS yang setiap kelompoknya terdiri dari 7 – 8 orang. Sebagai persiapan dalam ujian ini, sekolah menyumbangkan dana sebesar Rp. 200.000 untuk masing-masing kelompok. Menurut sebagian kelompok, tidak ada kesulitan dalam ujian ini, hanya saja bingung dalam mencari peralatan yang pantas untuk disajikan kepada guru. Namun walaupun begitu berbagai kesulitan maupun banyaknya anggaran yang dikeluarkan, terbayar dengan kegembiraan dan antusias para guru serta adik kelas yang menikmati masakan kuliner khas setiap kelompok. Rasa tegang siswa turut menyertai suasana saat proses penilaian oleh pak Mudji berlangsung. Sistematika penilaian dilihat dari penyajian masakan dan rasanya. “Sebenarnya rasanya itu tidak terlalu mempengaruhi nilai, soalnya kita tidak tahu siapa yang memasak. Apakah mereka sendiri atau orang lain.” Tegas guru pengajar yang bertempat tinggal di Jl. Sidoboyo itu.

Semua siswa sangat menikmati suasana saat itu, termasuk juga kelas XII baik IPA maupun IPS. “Biar melatih kekompakan setelah melepas penat-penat dari UNAS dan sebagainya, gimana caranya kita supaya ada cerita buat nantinya ketika sudah lulus.” Ungkap Ach. Rizal salah satu anggota kelompok saat diwawancarai usai acara.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *